Berita


Redaktur Web
2019-05-20 02:04:15

BDKSURABAYA – Enam angkatan diklat dengan jumlah 210 orang dibuka oleh Kepala Bdan Litbang dan Diklat (Balitbangdiklat) Kementerian Agama RI, Abdurrahman Mas’ud di balai Diklat Keagamaan (BDK)  Surabaya.  Diklat tersebut terdiri dari Diklat Teknis Substantif  (DTS) Guru IPS MTs Angkatan I, DTS Guru Geografi MA, DTS Pembelajaran Tematik MI Angkatan II, DTS Guru Bimbingan Konseling MTs, DTS Guru  IPA MTs Angkatan II dan DTS Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Angkatan II  (20/05/2019).


Pada kesempatan tersebut Kepala Balitbangdiklat menjelaskan bahwa  peran guru sangat menentukan  keberhasilan pendidikan di madrasah.  Tugas guru menurutnya diantaranya adalah mengajar, mendidik, membimbing, mengarahkan, melatih , menilai dan sebagai fasilitator.  Namun ada tugas yang amat penting bagi guru yaitu sebagai  motivator dan inspirator.


Seorang guru dalam pandangan Kepala Balitbangdiklat harus mampu memotivasi  dan memberi inspirasi kepada anak siswanya. Dalam pandangannya, guru bertanggung jawab untuk menumbuhkan semangat belajar pada diri siswa dan tetap  peduli dengan siswanya. Di samping itu, guru yang ideal harus mampu menjadi inspirasi bagi siswanya.


Menghadapi era globalisasi seperti saat ini, Kepala Balitbang menguraikan bahwa siswa di madrasah perlu panduan (guide) agar mereka tak terkena  dampak negatif. Selain mendatangkan dampak positif, seringkali globalisasi yang ditandai dengan  derasnya informasi  akan membawa dampak negatif pada  siswa. Untuk itu, menurutnya, siswa perlu terus dipandu agar menjadi generasi yang berakhlak mulia.


Upacara penutupan yang berlangsung sekitar 90 menit tersebut dihadairi oleh Kepala BDK Surabaya, pejabat eselon IV BDK Surabaya, koordinator widyaiswara dan panitia penyelenggara.


Direncanakan kegiatan diklat tersebut akan berlangsung selama 6 hari dan akan ditutup pada  Sabtu mendatang. (AF)