Berita


Redaktur Web
2018-04-24 01:17:03
PESERTA DIKLAT PENYULUH NON PNS MERASA  DAPATKAN  WAWASAN BARU

BDKSURABAYA – Diklat Teknis Substantif Penyuluh Agama Non PNS yang diselenggarakan di Kankemenag Kab. Tulungagung ternyata mendapatkan tanggapan positif dari peserta. Rata-rata peserta berpendapat bahwa diklat yang diselenggarakan Balai Diklat Keagamaan Surabaya membuat peserta semakin memahami tugas pokok dan fungsinya sebagai penyuluh Agama  Islam. (24/04/2018).





Materi yang disampaikan widyaiswara semakin membuat peserta menyadari bahwa tugas mereka sangatlah berarti bagi bangsa dan negara, khususnya bagi umat Islam. Adanya materi umum seperti revolusi mental, wawasan kebangsaan dan kerukunan umat beragama dipandang peserta  semakin memotivasinya untuk menjadi penyuluh  yang benar-benar menjadi penerang masyarakat dengan tetap menjaga keutuhan NKRI.





Beberapa materi yang disampaikan dengan beragam metode, meliputi role playing, ceramah, pemberian tugas dan diskusitampaknya  mampu memberikan pemerkayaan wawasan dan pengetahuan tentang bagaimana  memberikan penyuluhan yang tepat sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Wawasannya semakin terbuka bahwa memberikan penyuluhan tidak hanya sekedar memberikan materi, karena dalam kegiatan penyuluhan ada tanggung jawab moral pada penyuluh terhadap kelompok binaannya.





Peserta yang berjumlah 35 orang dan berasal dari wilayah Kab. Tulungagung tersebut rata-rata bertekad akan  meningkatkan profesionalisme dalam penyuluhan karena saat ini merasa mendapatkan sesuatu yang sebelumnya belum pernah mereka dapatkan. (AF).