Berita


Redweb
2018-05-10 09:12:13
MENAG: AGAMA HADIR UNTUK MELINDUNGI HARKAT DAN MARTABAT MANUSIA

BDKSURABAYA – “Agama hadir untuk melindungi harkat dan martabat manusia”, demikian pesan husus yang disampaikan  Menteri Agama Lukman Hakin Saifudin melalui video converence dari Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Jakarta kepada peserta Diklat Penyuluh Agama Non PNS yang saat ini sedang menjalani diklat pada 11 Balai Diklat Keagamaan(BDK) di Indonesia (09/05/2018).



Menag menjelaskan bahwa agama menduduki posisi yangg luar biasa. Indonesia dikenal sebagai bangsa religius sehingga siapapun tidak bisa memisahkan agama dari kehidupan kita. Agama berfungsi sebagai karakter utama yaitu memanusiakan manusia. Agama hadir di atas muka bumi untuk menjaga, melindungi harkat dan martabat manusia. “Jangan pernah menggunakan agama sebagai alat untuk  saling menafikkan, merendahkan dan meniadakan antar sesama umat manusia,” ujar Menag.



Acara pembekalan Menag kepada peserta diklat yang disiarkan secara langsung dan diikuti oleh BDK Aceh, Medan, Padang, Palembang, Jakarta, Bandung , Semarang, Surabaya, Makassar, Denpasar dan Manado tersebut berlangsung  semarak  karena dilanjutkan dengan tanya jawab antara peserta dengan Menag  dengan pertanyaan yang beragam.



Tercatat sebanyak 950 peserta  dari seluruh BDK di Indonesia  yang mengikuti pembekalan tersebut secara on air, yaitu terdiri dari 630 pwnyuluh non PNS, 60 calon auditor halal dan 260 diklat lainnya. Dari jumlah tersebut terdapat 105 peserta dari Balai Diklat Keagamaan Surabaya yang hadir dan mendengarkan langsung pembekalan dari Menag. (AF).