Berita


Redweb
2018-05-28 13:51:35
IMAM SUTIKNO:  NIATKANLAH DIKLAT SEBAGAI IBADAH

BDKSURABAYA – Diklat di bulan Ramadhan memang memerlukan motivasi  ekstra  dari peserta .  Kondisi tubuh yang sedikit lemas  pada siang hari tentunya akan berdampak pada  semangat belajar para peserta. Namun jika hal tersebut diniatkan sebagai ibadah maka di samping mampu mendongkrak motivasi peserta dalam  menuntut ilmu, ada ganjaran berupa pahala yang akan diperoleh kelak. “Niatkanlah diklat untuk ibadah,”  ujar Imam Sutikno, Kasubbag TU Balai Diklat Keagamaan Surabaya ketika memberikan sambutan pengarahan kepada 210 peserta diklat yang terdiri dari Diklat Guru Akidah Akhlak MTs, PAI TK, Bahasa Indonesia MTs, Ekonomi MA dan 2 angkatan Diklat Karya Tulis Ilmiah untuk pengawas . (28/05/2018).



Di samping itu, lanjut Imam, diklat menjadi sarana untuk meningkatkan kompetensi peserta  agar lebih memahami profesinya  sehingga mampu memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. Setiap Aparatur Sipil Negara  bertanggung jawab terhadap profesi yang disandangnya, sedangkan tanggung jawab tersebut mampu dijalani jika jika mempunyai  kemampuan, baik dari sisi pengetahuan, keterampilan maupun sikap mentalnya.



Ia juga menyampaikan bahwa  sebagai anggota dari Kementerian Agama, peserta diminta untuk memahami , menghayati dan melaksanakan 5 nilai budaya kerja di tempat tugasnya masing-masing. Menurutnya, 5 nilai budaya kerja (integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab dan keteladanan) menjadi nilai-nilai yang  perlu diyakini kebenarannya dalam  mendukung kinerja organisasi.



Pada kesempatan tersebut Imam berpesan  agar peserta pandai untuk bersyukur atas nikmat yang saat ini diterima. “Orang yang pandai bersyukur akan ditambah nikmatnya,” tegasnya.



Kegiatan yang akan diakhiri pada 2 Juni tersebut diikuti oleh peserta yang berasal dari Kankemenag Kab/Kota se- Jawa Timur. Mereka diasramakan di Balai Diklat Keagamaan Surabaya sampai akhir proses pembelajaran. (AF).