Berita


PBSDP
2017-11-30 15:13:59
PESERTA DIKLAT QURAN HADITS IKUTI MATERI PERENCANAAN PEMBELAJARAN

BDKSURABAYA.kemenag.go.id- Perencanaan Pembelajaran menjadi materi inti dalam Diklat Teknis Fungsional Peningkatan Kompetensi Guru Quran Hadits Madrasah Tsanawiyah. Materi tersebut membahas tentang bagaimana seorang guru membuat perencanaan yang berisi segala hal yang akan dilakukan di kelas dalam rangka pembentukan kompetensi siswa yang meliputi kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator hasil belajar dan penilaian berbasis kelas.



Menurut Miftahussirojuddin widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Surabaya,  dengan perencanaan pembelajaran guru akan lebih siap dalam mengajar sehingga pembelajaran di kelas dapat benar-benar meningkatkan kompetensi siwa. Di samping itu, dengan perencanaan pembelajran yang disusun secara sistematis, hal tersebut akan menjadi panduan bagi guru dalam proses pembelajaran di kelas. Apalagi di dalam perencanaan pembelajaran ada rencana pelakasanaan pembelajaran (RPP) yang disusun berdasarkan kompetensi dasar (KD) dari sebuah sub tema. Maka hal itu cukup mempermudah guru dalam proses pembelajaran di kelas (30/11/2017).



Menurutnya isi dari perencanaan pembelajaran adalah silabus dan RPP, termasuk metode, media dan sumber pembelajaran, instrumen  yang digunakan dalam penilaian serta skenario  pembelajaran. Silabus tersebut dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi  sesuai dengan  Permendiknas No. 65 Tahun 2013. Selanjutnya silabus tersebut digunakan sebagai acuan dalam pengembangan  RPP.



Pembelajaran yang berlangsung dengan metode ceramah dan pemberian tugas tersebut menyedot perhatian peserta. Rata-rata peserta mengaku bahwa materi tersebut sangat penting dan disampaikan dengan jelas sehingga memperkaya pengetahuannya tentang perencanaan pembelajaran (AF).