Berita


PBSDP
2017-07-12 13:43:16
ZAINUL AREF BERIKAN MATERI KONSEP DASAR K-13 DI KELAS PENGAWAS

BDKSURABAYA.kemenag.go.id -  Kosep Dasar Kurikulum 2013 (K-13) menjadi materi inti dari Diklat Calon Pengawas. Tujuan materi tersebut adalah agar peserta memperoleh pemahaman tentang Kurikulum 2013 beserta implementasinya di madrasah. Menurut Zainul Arief, widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Surabaya, Kurikulum 2013 merupakan penyempurnaan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).


Dalam penjelasannya, Arief mengemukakan bahwa komponen yang ada dalam K-13 mencakup, pertama komponen tujuan yang berisi hal-hal yang ingin dicapai dari sebuah kurikulum. Tujuan tersebut  sejalan dengan tujuan pendidikan nasional yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, membentuk siswa agar beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa,  berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif dan mampu menjadi warga negara yang mandiri dan demokratis. Kedua, komponen isi yang mencakup segala  hal yang akan diberikan kepada siswa saat mereka menjalani proses pembelajaran agar mampu mencapai tujuan dari kurikulum. Ketiga adalah strategi, yang meliputi cara-cara dan teknik yang digunakan agar proses pembelajaran dapat berlangsung sedangkan tujuan dari kurikulum bisa tercapai. Keempat adalah komponen evaluasi, yang mencakup kegiatan yang diperlukan utuk menjamin, mengukur dan melihat tingkat ketercapaian kurikulum, kendala yang ada dan solusi yang bisa diterapkan untuk mengatasi kendala tersebut.


Menyangkut implementasi K-13, Arief menjelaskan bahwa perlu adanya strategi dalam penerapannya. Strategi yang bisa diterapkan seorang guru di madrasah adalah dengan merancang pembelajaran yang efektif dan bermakna, mengorganisasikan pembelajaran, memilih pendekatan pembelajaran yang tepat, menentukan pendekatan pembelajaran, pembentukan kompetensi secara efektif, dan menetapkan kriteria keberhasilan.(AF).