Berita


Redweb
2018-07-03 09:41:48
BLC, MATERI DIKLAT YANG BISA CIPTAKAN KOMITMEN BERSAMA ANTAR PESERTA

BDKSURABAYA – Building, Learning and Commitment (BLC) adalah materi penunjang dalam diklat  yang bertujuan untuk membentuk kelompok yang kompak, di mana para anggotanya saling mengenal, mampu bekerja sama dengan baik dan saling mendukung untuk  tujuan tertentu;. Dengan materi tersebut diharapkan proses pembelajaran kondusif di mana peserta siap menerima materi dan terbiasa dengan kondisi kelas dan peserta lain. (03/07/2018).


Menurut Islam, widyaiswara yang mengajar di kelas Diklat kepemimpinan Tingkat IV,  dengan materi BLC  suasana kelas biasanya akan lebih menyenangkan karena sesama peserta bisa saling mengenal, baik dalam hal nama maupun sikap dan perilakunya masing-masing. Dalam pandangannya, BLC adalah materi penting yang mendasari proses pembelajaran pada sesi berikutnya. Karenanya, dapat dikatakan bahwa proses pembelajran dalam diklat akan  ditentukan pada saat awal, yaitu saat peserta menerima materi BLC.


Meskipun materi tersebut bukan materi inti,  namun bagi Islam, materi tersebut penting, terutama untuk membentuk komitmen peserta selama proses pembelajaran. Komitmen peserta untuk mengikuti pembelajaran dengan tertib dan serius menurut Islam perlu dinyatakan dalam bentuk tulisan yang bisa dibaca bersama agar setiap peserta memahami komitmennya. Komitmen tersebut merupakan kesepakatan bersama  dari peserta selama diklat , di mana tiap peserta diharapkan   menaati kesepakatan tersebut. Biasanya komitmen tersebut berupa poin-poin penting yang mencakup aturan dan nilai-nilai yang disepakati bersama agar diklat yang diikuti sukses.




Mengingat pentingnya materi BLC, maka dalam setiap diklat, apapaun jenisnya maka materi tersebut wajib disampaikan. (AF).