Berita


PBSDP
2017-08-15 20:28:58
KAKANWIL BERHARAP AGAR GURU DAN PENGAWAS KOMPETEN,  BERAKHLAK MULIA DAN TERUS BELAJAR

BDKSURABAYA.kemenag.go.id -  Guru dan pengawas  diharapkan  kompeten dan memahami profesinya. Sebagai guru di Kemenag maka mereka harus benar-benar   berkinerja baik dan berakhlak mulia sehingga bisa menjadi panutan bagi siswa dan masyarakat. Demikian penggalan sambutan pengarahan Kepala Kanwil (Kakanwil) kementerian Agama (Kemeneag) Provinsi Jawa Timur, Syamsul Bahri ketika membuka 7 angkatan Diklat di Balai Diklat Keagamaan Surabaya (15/08/2017).



Jenis diklat yang sedang dibuka terdiri dari Diklat Teknis Fungsional Peningkatan Kompetensi (DTFPK) Guru Mapel Matematika MA Tingkat Menengah, Fiqih MA Tingkat Menengah, Bahasa Inggris MA Tingkat Menengah, Fiska MA Tingkat Menengah, DTFPK Pembentukan Jabatan Pengawas Angkatan III dan IV serta Diklat Teknis Substantif Peningkatan Kompetensi Publikasi Ilmiah bagi Guru MA.



Pada kesempatan tersebut Kakanwil juga menguraikan bahawa  kualitas diri sebagai guru dan pengawas perlu dijaga dan ditingkatkan.  Guru dan  pengawas diharapkan terus belajar sehingga pengetahuannya terus bertambah. Apalagi sebagai pengawaas. Pengawas dalam pandangan Kakanwil adalah seseorang yang terpilih. Mereka adalah sumber inspirasi,  sebagai mediator dan fasilitator bagi guru dan kepala madrasah. Karenanya mereka harus memahami fenomena yang terjadi di madrasah dan idealnya ikut terlibat dalam mendesain madrasah agar lebih baik.



Kakanwil berpendapat bahwa sebagai aparatur Kemenag haruslah terus berubah menjadi yang terbaik  dan perubahan tersebut diawali dari perubahan pola pikir (mindset). Perubahan menurutnya adalah  sebagai fitrah dan sunatullah sehingga terdapat ayat Al Quran yang mengajarkan agar Umat Islam berusaha dan merubah diri.



Karena pengawas dan guru sering tampil dan berhadapan dengan masyarakat, maka Kakanwil berpesan agar mereka  senantiasa menjaga penampilan  sehingga pantas menyandang jabatan sebagai Aparatur Sipil Negara pada Kemenag. (AF).