Berita


Redaktur Web
2018-10-08 14:38:06
KEPALA BDK  SURABAYA BUKA 4 ANGKATAN DIKLAT TEKNIS PENDIDIKAN

BDKSURABAYA – Empat angkatan diklat teknis pendidikan  dengan peserta  sebanyak 140 orang  dibuka oleh Kepala Balai Diklat Keagamaan (BDK) Surabaya, Muchammad Toha.  Diklat tersebut terdiri dari Diklat Teknis Substantif  Pendidikan Guru Agama  Kristen SD,  Guru Pendidikan Agama Katholik SD, Guru Pendidikan Agama Islam SMP, dan Diklat Teknis Substantif  Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan. (08/10/2018).



Dalam sambutannya, Toha menguraikan pentingnya peran  tokoh agama dalam  membangun bangsa hingga menjadi bangsa yang maju dan beradab. Menurutnya Indonesia adalah bangsa yang religius, sehingga kehadiran tokoh agama akan menjadi panutan masyarakat. “Saudara adalah tokoh. Posisikan saudara sebagai juru damai negara, bukan pengacau negara,” tegasnya.



Tokoh agama kristen di indonesia bagian Timur telah merubah kehidupan ekonomi dan sosial masyarakat, hingga mampu membaca, menulis dan bercocok tanam. Demikian juga dengan tokoh agama Islam pada jaman kerajaan  Jawa. Kehadiran wali mampu memberikan pembebasan secara ekonomi. Selain diajari cara beragama Islam dengan benar,  penduduk Jawa saat itu diajari cara berdagang karena para wali saat itu mayoritas adalah pedagang. Karenanya, kehadiran para tokoh agama dalam pandangan Toha adalah memeberikan pencerahan kepada masyarakat. Kehadirannya diharapkan mampu memberikan kemanfaatan bagi masyarakat luas.



Kepada seluruh peserta Toha memberikan penekanan bahwa diklat perlu diikuti dengan serius karena keseriusan tersebut akan memberikan efek  positif yaitu bertambahnya kompetensi pada peserta diklat.



Upacara pembukaan yang dihadiri oleh, panitia, widyaiswara dan pejabat eselon IV tersebut berlangsung semarak hingga sambutan dari Kepala BDK usai. Setelah upacara pembukaan seluruh peserta akan segera mengikuti pengarahan program dan mendapatkan materi pertama dari widyaiswara.  (AF)