Berita


PBSDP
2018-01-25 01:44:16
INSPEKTUR JENDERAL BERPESAN AGAR ASN MENIATKAN BEKERJA SEBAGAI IBADAH

BDKSURABAYA.kemenag.go.id -  Inspektur Jenderal Kemenag RI, Nur Kholis Setiawan memberikan pesan spiritual saat memberikan pembinaan kepegawaian di Balai Diklat Keagamaan Surabaya (25/01/2018). Pesan tersebut mengingatkan kembali kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) agar memperbaiki niatnya dalam bekerja.


Inspektur jenderal menjelaskan bahwa jika bekerja diniatkan sebagai ibadah maka ASN akan selalu menjaga kekhusukan dalam beribadah  dan ihlas sehingga tidak mudah mengeluh dan tidak melakukan hal-hal yang dilarang regulasi. “Kita melaksanakan tugas adalah menjalani ibadah, maka kita tentu akan menghindari sebisa mungkin pada sesuatu yag membatalkan ibadah,” ujarnya.Ia mencontohkan bahwa jika seseorang sedang sholat, maka akan menjaga agar sholatnya tidak batal sehingga akan menjaganya dari gangguan di sekelilngnya. Maka menurutnya ketika seorang ASN sudah meniatkan bekerja sebagai ibadah, maka tak perlu lagi irjen karena sudah menjauhkan diri dari hal-hal yang membatalkan ibadah.


Selanjutnya inspektur jenderal menjelaskan bahwa level tertinggi dalam dunia tasawuf adalah makrifat. Jika orang sudah mencapai pada tataran tersebut maka sudah terlatih mata batinnya yang ditandai dengan ciri-ciri sikap yang semakin arif, tidah mudah terbawa emosi, mampu mebaca hakikat kehidupan, tidak mudah terlena , tertipu dan terperdaya dengan dunia.


Di samping itu, ia menguraikan pentingnya kontinuitas dan inovasi dalam bekerja, artinya seorang ASN hendaknya melanjutkan yang baik yang diperoleh sebelumnya dan mengembangkan sesuatu yang baru. Jika hal tersebut diterapkan, maka kinerja lembaga akan meningkat dan peserta diklat akan mendapatkan sesuatu yang baru.(AF).