Berita


Redaktur Web
2019-01-29 08:50:26

BDKSURABAYA- Capacity Building (membangun kapasitas)  Aparatur Sipil  Negara (ASN) menjadi kegiatan yang penting. Dengan kegiatan tersebut diharapkan ASN Balai Diklat Keagamaan berkembang soft skillnya sehingga berkembang menjadi sosok yang mempunyai komitmen tinggi pada lembaga, bekerja ihlas dan mempunyai visi pribadi yang selaras dengan visi lembaga. Untuk itulah lima Balai Diklat se- Jawa dan Kalimantan, meliputi Balai Diklat Kegamaan (BDK) Bandung, Jakarta, Semarang, Surabaya dan (BDK) Banjarmasin mengadakan Capacity Building di The Rich Jogja Hotel.(29/01/2018).


Kegiatan yang dibuka langsung oleh Kepala Badan Litbang dan Diklat  Kemenag, Abdurrahman Mas’ud tersebut diikuti oleh 374 peserta, yang terdiri dari 90 peserta dari BDK Semarang, 78 peserta dari BDK Bandung, 69 peserta dari BDK Jakarta, 79 peserta dari BDK Surabaya dan peserta dari BDK Banjarmasin sejumlah 57 orang.


Dalam sambutan pengarahannya Kepala Badan menjguraikan bahwa perbedaan antara negara berkembang dengan negara maju adalah bukan terletak pada umur negara tersebut dan sumber daya alam yang ada melainkan pada sikap dan perilaku masyarakat yang terbentuk melalui pendidikan dan kebudayaan.


Selanjutnya Kepala Badan mencontohkan bahwa negara-negara maju semisal Kanada, New Zealand, Swiss dan Australia umurnya kurang dari 150 tahun, namun mereka menjadi negara maju. Negara maju seperti Swiss, mampu menjadi produsen coklat terbaik karena sumber daya manusianya, bukan karena mempunyai kebun coklat. Dalam hal perbankan pun Swiss juga menjadi pilihan negara-negara di dunia untuk menyimpan asetnya.


Kegiatan yang menggandeng LPPT (Lembaga Pelatihan dan Psikologi terapan) Oase Madani Indonesia tersebut akan berlangsung selama 4 hari, dimulai pada hari ini dan akan berakhir pada 1 Februari 2019.


Capacity Building yang bertema: Membangun Sinergitas dan Semangat Kebersamaan dalam Rangka Mewujudkan Lembaga Diklat Kementerian Agama yang Profesional di Era Revolusi Industri 4.0 tersebut akan diisi dengan indoor training, internal meeting dan outbound training. (AF).