Berita


Redaktur Web
2018-08-22 11:12:44
BDK SURABAYA AKAN SELENGGARAKAN DIKLAT PENYUSUNAN RPP BAGI GURU MTS

BDKSURABAYA – Diklat Teknis Substantif Penyusunan RPP bagi guru Madrasah Tsanawiyah kembali akan digelar Balai Diklat Keagamaan Surabaya di 4 kabupaten, meliputi, Pacitan, Mojokerto, Madiun dan Lamongan. Diklat tersebut berbentuk Diklat di Wilayah Kerja (DDWK) yang akan bertempat di Kantor Kemenag pada daerah tersebut. (22/08/2028).


Sasaran dari diklat tersebut adalah guru Madrasah Tsanawiyah baik yang  berstatus sebagai PNS maupun Non PNS pada wilayah tersebut.  Dengan mengikuti pelatihan penyusunan RPP diharapkan guru mampu membuat RPP sesuai dengan mata pelajaran yang diampu sehingga proses pembelajaran di kelas menjadi efektif dan tujuan dari pembelajaran bisa tercapai.


Diklat yang akan diikuti oleh 35 peserta pada tiap kabupaten  tersebut akan dimulai pada 27 Agustus  dan berakhir pada pada 1 September 2018. Selama proses pembelajaran, para peserta diwajibkan mengikutinya dari awal sampai diklat ditutup meskipun kegiatan tersebut berada pada daerah masing-masing.Untuk proses pembelajarannya dilaksanakan dengan pendekatan andragogi dengan metode ceramah, tanya jawab, diskusi, role playing  dan penugasan.


Peserta akan mendapatkan materi dasar, materi inti dan materi penunjang yang disampaikan oleh widyaiswara BDK Surabaya (untuk materi inti dan penunjang) dan pejabat pada kantor kemenag setempat (untuk materi dasar).


Peserta pada diklat tersebut adalah guru pada MTs yang belum pernah mengikuti diklat minimal empat tahun terakhir. Mereka diregistrasikan melalui aplikasi SIMDiklat oleh Admin Unit pada kantor kemenag setempat sebelum resmi menjadi peserta diklat. (AF).