Berita


PBSDP
2017-05-23 13:36:03
ASN BDK SURABAYA: PERLU SIKAP INOVATIF DALAM BEKERJA

BDKSURABAYA.kemenag.go.id – Sikap inovatif sangat diperlukan bagi seorang pegawai dalam bekerja. Dengan sikap tersebut pekerjaan akan dapat ditangani dengan mudah, bahkan akan mendorong pegawai bisa menemukan cara-cara baru dalam bekerja sehingga akan lebih efektif. Demikian penjelasan rata-rata Apratur Sipil Negara (ASN) Balai Diklat Keagamaan (BDK) Surabaya (23/05/2017).



Bagi Imam, Kasubbag TU BDK Surabaya, sikap inovatif tidak saja akan membuat pekerjaan dapat diselesaikan dengan lebih cepat, namun  juga kualitas pekerjaan akan semakin baik. Pegawai dengan kinerja yang baik biasanya akan diiringi dengan sikap inovatif dalam bekerja.  Mereka   biasanya banyak ide dan lebih proaktif dibandingkan dengan mereka yang tidak bersikap inovatif. Selanjutnya ia menjelaskan bahwa  sikap inovatif pegawai perlu mendapatkan dukungan dari pemimpin. Dukungan tersebut bisa berujud pemberian keleluasaan kepada pegawai untuk berinovasi ataupun dukungan yang bersifat psikhologis.



Menurut Jupri, ASN yang bertugas pada JFT humas, sikap inovatif sangat diperlukan dalam bekerja. Pegawai yang terbiasa untuk berinovasi biasanya akan betah dalam bekerja, senantiasa bersemangat dan seringkali mampu memebrikan dukungan positif untuk rekan kerjanya. “Perlu sikap inovatif dalam bekerja,” ujarnya. Dengan sikap tersebut pegawai akan mampu berkinerja secara optimal.



Perlunya sikap inovatif dalam bekerja juga disampaikan oleh Ninik, widyaiswara BDK Surabaya. Baginya, sikap inovatif sangat diperlukan apalagi bagi mereka yang bertugas sebagai pengajar.  Adanya inovasi dalam materi yang disampaikan widyaiswara, menurutnya akan semakin membuat peserta antusias mengikuti pembelajaran. Adanya variasi  dalam mengajar juga akan menyedot perhatian peserta agar tetap fokus pada proses pembelajaran.



Menurut Lutfi, pengelola BMN, sikap inovatif   mampu membuat pegawai bisa betah dalam bekerja. Biasanya pegawai akan  bersifat kreatif, mencintai profesi dan memandang bahwa bekerja dalah sesuatu yang menyenangkan. Ia mampu berpikir yang tidak pernah dipikirkan orang lain. Pada akhirnya, pegawai dengan sikap inovatif akan mendorong meningkatnya kinerja organisasi. (AF)