Berita


PBSDP
2017-11-03 14:19:09
PESERTA DIKLAT CALON KEPALA MADRASAH  TERIMA MATERI  KEWIRAUSAHAAN

BDKSURABAYA.kemenag.go.id -  Seorang kepala madrasah diharapkan sangat kreatif, karena ia memimpin  lembaga pendidikan yang  langsung bersentuhan dengan masyarakat. Sikap  kreatif tersebut  sangat diperlukan agar   madrasah  yang ia pimpin  menjadi madrasah yang mandiri. Karenanya, seorang kepala madrasah perlu mempunyai jiwa sebagai pengusaha atau menerapkan nilai-nilai yang dimiliki pengusaha dalam memimpin lembaga pendidikan.  Demikian penjelasan widyaiswara yang mengajar materi kewirausahaan pada  Diklat Calon Kepala Madrasah, Jarot Iswanto (03/11/2017).



Kegiatan-kegiatan yang bersifat kreatif dan menghasilkan  sumber dana  bagi madrasah sangat dibutuhkan sehingga madrasah akan menjadi madrasah yang mandiri dan mampu  mendanai kegiatan dan program yang tidak dianggarkan dalam anggaran pemerintah. Beberapa madrasah yang maju  biasanya dikepalai oleh mereka yang berjiwa wirausahawan.  Beberapa nilai-nilai yang dipunyai oleh seorang pengusaha yang perlu diterapkan dalam memimpin madrasah diantaranya, pantang menyerah, kreatif, disiplin, bertanggung jawab, mempunyai visi ke depan dan menyukai tantangan.



Jika kepala  madrasah belum mempunyai gambaran tentang kegiatan yang menghasilkan sumber pendanaan baru, paling tidak ia  mempunyai nilai-nilai  yang dimiliki seorang pengusaha dalam memimpin madrasahnya, sehingga kepemimpinannya akan menjadi inspirasi dari para guru dan bawahannya  untuk ikut memajukan lembaga  tempatnya bekerja,



Materi yang disampaikan dengan metode ceramah dan tanya jawab tersebut cukup menyedot perhatian peserta.  Rata-rata peserta  memandang bahwa materi kewirausahan sangat bermanfaat bagi mereka.(AF).