Berita


PBSDP
2017-09-15 03:30:32
GURU DI MADRASAH AKAN IKUTI DIKLAT PUBLIKASI ILMIAH

BDKSURABAYA.kemenag.go.id – Sebanyak 70 guru madrasah di lingkungan Kementerian Agama Provinsi  Jawa Timur akan mengikuti Diklat Teknis Substantif Peningkatan Kompetensi (DTSPK)  Publikasi Ilmiah di Balai Diklat Keagamaan Surabaya. Diklat tersebut direncanakan akan dibuka  pada 19 September mendatang.  Kegiatan  yang akan berlangsung selama 10 hari tersebut diikuti oleh 35 guru Madrasah Ibtidaiyah dan 35 guru Madrasah Tsanawiyah.  Sebelum mengikuti diklat, calon peserta tersebut didaftarkan terlebih dahulu melalui aplikasi SIMDiklat oleh Admin Unit Kankemenag setempat.




Diklat tersebut dirasa penting karena saat ini guru dituntut untuk membuat karya ilmiah sebagai persyaratan kenaikan pangkat dan  bertujuan untuk mengembangkan kompetensi guru di bidang tulis-menulis.  Menulis karya ilmiah bagi guru sudah menjadi kebutuhan.  Di samping mengajar dan mendidik siswa, guru diharapkan menghasilkan karya ilmiah yang  bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan. Salah satu tolok ukur guru yang profesional diantara mampu menuangkan pemikirannya dalam bentuk tulisan ilmiah. Tanpa hal tersebut pemikirannya tidak bisa dinikmati oleh  masyarakat.




Diklat yang akan diajar oleh widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Surabaya dan pejabat  dari Kanwil Kemenag Provinsi JawaTimur tersebut  berisi materi  dasar, inti dan penunjang  dengan total jam pelajaran sebanyak 105 (33 teori  dan 72 praktik). Proses pembelajaran akan diberikan dengan pendekatan andragogi  mengingat pesertanya adalah mereka  yang sudah dewasa dengan ilmu pengetahuan yang sudah dimiliki sebelumnya.(AF).