Berita


Redaktur Web
2019-02-04 09:28:23

BDKSURABAYA – Mahkamah Agung (MA) bekerja sama dengan Balai Diklat Keagamaan  (BDK) Surabaya menyelenggarakan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan  ke 26 dan 27  bertempat di Balai Diklat Keagamaan Surabaya.  Diklat dengan peserta para pejabat eselon IV di lingkungan  Mahkamah Agung tersebut dibuka oleh Ketua Pengadilan Tinggi Surabaya, Abdul Kadir (04/02/2019).


Dalam sambutannya, ia  menyampaikan bahwa diklat kepemimpinan  diselenggarakan dengan tujuan untuk membentuk pemimpin yang mempunyai visi perubahan dan berorientasi pada pelayanan terhadap masyarakat. ‘Begitu banyak pelayanan yang bersifat administratif di lingkungan Mahkamah Agung, mulai dari kenaikan pangkat, mutasi dan lain-lain, sehingga hal tersebut membutuhkan penangnan yang professional,’ terangnya. Karenanya, Abdul Kadir  berharap agar peserta mengikuti kegiatan tersebut dengan sungguh-sungguh.


Dalam pembutaan proyek perubahan yang menjadi tugas wajib dari peserta, ia menekankan pentingnya membuat proyek perubahan yang  berdampak positif bagi peningkatan kualitas pelayanan. 


Diklat dengan peserta sebanyak 40 orang pada tiap angkatan tersebut  diikuti oleh mereka  yang berasal dari  Jawa Timur dan Indonesia Timur. Peserta akan mengikuti proses pembelajaran dengan pola in dan out kampus. Pada saat in kampus, peserta mengikuti pembelajaran di dalam kelas, sedangkan pada saat out kampus, selama di unit kerja, mereka  merancang dan menerapkan proyek perubahan yang telah dibuat dan disetujui oleh mentor yaitu atasannya langsung dan coach dari BDK Surabaya.


Direncanakan kegiatan tersebut akan berakhir  24 Mei 2019 dengan total 893 jam diklat. Pada akhir kegiatan, peserta diminta untuk memaparkan hasil proyek perubahan  di hadapan penguji  dan mentor.


Upacara pembukaan yang berlangsung  singkat tersebut dihadiri oleh pejabat eselon IV dari Balai Diklat Keagamaan Surabaya dan MA serta panitia penyelenggara dari BDK Surabaya dan MA. (AF)