Berita


PBSDP
2017-06-01 08:31:10
ASN BDK SURABAYA IKUTI UPACARA PERINGATAN LAHIRNYA PANCASILA

BDKSURABAYA.kemenag.go.id - Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Balai Diklat Keagamaan (BDK) Surabaya bersama 280 peserta diklat mengikuti upacara bendera dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila di halaman BDK Surabaya (01/06/2017). Upacara tersebut dilaksanakan sesuai dengan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 24 tahun 2016 yang mewajibkan setiap lembaga pemerintah mengadakan upacara bendera tanggal 1 Juni 2017.





Upacara yang berlangsung kurang dari satu jam tersebut berlangsung khidmat dengan pembina upacara Kepala Balai Diklat Keagamaan Surabaya, Muchammad Toha.





Dalam amanatnya, Toha  membacakan pidato Presiden Joko Widodo untuk upacara per 1 Juni 2017 yang  secara garis besar menjelaskan bahwa upacara dilakukan untuk semakin meneguhkan  komitmen agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Selanjutnya ia menyampaikan sejarah lahirnya Pancasila, ideologi Pancasila dan perlunya mewaspadai bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila.





Pada akhir amanatnya Toha mengajak untuk senantiasa menjaga perdamaian, persatuan dan persaudaraan sesama anak bangsa. Ajakan untuk saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran, dan saling membantu untuk kepentingan bangsa juga disampaikan kepada seluruh peserta upacara.





Meskipun 1 Juni ditetapkan sebagai hari libur nasional, namun aktivitas diklat di Balai Diklat Keagamaan Surabaya tetap berlangsung dan ASN yang ada tetap bertugas sesuai dengan tupoksinya dalam kegiatan diklat tersebut. (AF).