Berita


Redaktur Web
2019-06-17 15:50:01

BDKSURABAYA – Building, learning and commitment (BLC) menjadi materi penunjang dalam diklat Teknis Substantif Peningkatan Kompetensi Penyuluh Agama Non PNS  yang diselenggarkan Balai Diklat Keagamaan Surabaya di kantor Kemenag Kab. Blitar.  Materi yang bertujuan untuk menyiapkan peserta agar mereka berhasil dalam  mengikuti proses pembelajaran tersebut diberikan oleh Siti Zubaidah, widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Surabaya. (17/06/2019).



Materi tersebut berlangsung dengan dengan pendekatan andragogi. Beberapa bentuk permainan yang berfungsi untuk meningkatkan kohesivitas  sesama peserta diberikan dengan melibatkan peran aktif peserta.  Permainan tersebut tampaknya mampu membuat peserta saling kenal, bahkan sampai pada kebiasaan dan hobi dari masing-masing.   Hasilnya, suasana menjadi cair dan peserta lebih ekspresif di kelas.



Rata-rata peserta terlihat menikmati  materi yang dikemas dalam bentuk permainan tersebut. Pada akhir sesi, dibuatlah komitmen yang harus dipatuhi oleh seluruh peserta. Beberapa komtmen yang berisi nilai-nilai dan norma yang dibuat oleh masing-masing kelompok, selanjutnya dipresentasikan. Akhirnya  dipilih nilai-nilai  dan norma-norma yang disepakati menjadi komitmen bersama. Tidak ketinggalan dilaskanakan juga sesi pemilihan perangkat kelas yang bertujuan untuk  mengkoordinir peserta agar proses pembelajaran lebih lancar. (AF)