Berita


Redaktur Web
2018-09-04 13:29:31
PESERTA DIKLAT ANTUSIAS IKUTI MATERI STRATEGI LITERASI DALAM PEMBLAJARAN

BDKSURABAYA – Diklat di Wilayah Kerja (DDWK) Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran  (RPP) yang diselenggarakan Blai Diklat Keagamaan Surabaya  di Kankemenag Kab. Malang ternyata mendapatkan apresiasi yang bagus dari peserta. Rata-rata peserta menyatakan bahwa  diklat tersebut sangat bermanfaat baginya, terutama dalam menysusun RPP berdasarkan Kurikulum 2013 (04/09/2018).



Materi yang disampaikan widyaiswara tampak diikuti dengan penuh semangat. Antusiasme mereka  dalam mengikuti materi terdorong oleh keinginan untuk terus meningkatkan kompetensi  dalam mengajar.



Materi inti yang diawali  dengan strategi literasi dalam pembelajaran  cukup membuka wawasan peserta  tentang  pembelajaran.  Menurut Tri Rumhadi, widyaiswara yang mengaja rmateri tersebut menguraikan bahwa  pembelajaran hendaknya mampu memenuhi kebutuhan anak didik. Pembelajaran akan menyenangkan  dalam pandangan anak didik jika  kebutuhannya  mampu ia dapatkan dari proses pembelajaran.



Pembelajaran dalam uraian Tri adalah sebuah proses yang terus-menerus sepanjang hidup  karena ilmu pengetahuan selalu berkembang sehingga proses belajar pun tak ada hentinya.



Untuk mengefektifkan proses pembelajran, maka  seorang guru hendaknya  memahami karakter anak didik sehingga ia tidak  hanya  fokus pada satu cara dalam pembelajaran. Karakter dan cara belajar anak didik menurutnya begitu beragam .sehingga guru hendaknya ajampu menerapkan variasi dalam pembelajaran.



Di samping itu,  guru harus mampu membiasakan anak didik untuk berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills) karena hal tersebut akan merangsang anak didik memahami materi secara mendalam dan berpikir kritis.



Menurut uraian Tri, pembelajaran di kelas  hendaknya mampu melibatkan anak didik dengan segala jenis cara bahasa, baik menulis, membaca, menyimak dan  mendengarkan. (AF)