Berita


PBSDP
2017-09-04 09:50:37
BDK SURABAYA SELENGGARAKAN  DDWK SERENTAK DI 6 KANKEMENAG

BDKSURABAYA.kemenag.go.id -  Balai Diklat Keagamaan Surabaya kembali menyelenggarakan Diklat di Wilayah Kerja (DDWK) berbentuk Diklat Teknis Substantif Peningkatan Kompetensi Penyuluh Agama Non PNS di 6 Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) dalam wilayaH kerja Kemenag Provinsi Jawa Timur.  Kegiatan tersebut akan berlangsung selama 7 hari, dimulai hari  ini (4/09/2017) pada Kankemenag Kab. Bojonegoro, Tuban, Magetan, Ngawi, Sidoarjo dan Kota Surabaya.


Kegiatan tersebut  sebagian besar dibuka oleh Kepala Kankemenag pada tiap daerah, seperti di Kankemenag Kab. Ngawi yang dibuka oleh Kepala Kankemenag Kab. Ngawi, Zaenal Arifin. Di samping itu, kegiatan yang  akan berlangsung selama 7 hari tersebut dihadiri oleh pejabat pada Kankemenag Kab. dan Kota setempat, widyaiswara, dan panitia pelaksana.

Pada tiap  daerah diikuti oleh 35 orang peserta. Mereka adalah penyuluh non PNS yang telah direkrut oleh Kemenag Kab. dan Kota pada akhir 2016 dan akan bertugas  di daerah binaan sesuai dengan spesialisasinya masing-masing. Ada beberapa spesialisasi yang diwajibkan oleh Kankemenag, yaitu tentang Zakat dan Wakaf, Keluarga Sakinah, NAPZA dan HIV/Aids, Pemberantasan Buta Huruf Al-Quran, Kerukunan Umat Beragama dan Produk Halal.



Dengan adanya spesialisasi tersebut, diharapkan dapat memudahkan penyuluh dalam memberikan materi kepenyuluhan sesuai dengan bidangnya. Namun mereka diharapkan juga memahami materi penyuluhan selain spesialisasi yang dimiliki, karena tidak menutup kemungkinan  mereka akan menghadapi pertanyaan dari masyarakat di luar spesialisasinya.(AF).