Berita


Redaktur Web
2018-10-19 12:15:13
SAAT TUTUP DIKLAT, TOHA SAMPAIKAN PENTINGNYA KOMUNIKASI YANG EFEKTIF

BDKSURABAYA- Komunikasi memegang peran yang penting bagi seorang pemimpin. Melalui komunikasi yang efektif, seorang pemimpin akan bisa menjalankan fungsinya sebagai  birokrat yang sarat dengan tugas-tugas pelayanan masyarakat. Jika jaman dulu seorang birokrat adalah sebagai seorang pangereh praja  yang selalu minta dilayani, namun sekarang  mereka dituntut untuk bersikap melayani. Demikian penjelasan Kepala Balai Diklat Keagamaan Surabaya, Muchammad Toha, ketika menutup Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angjkatan XXIV di Balai Diklat Keagamaan Surabaya (19/10/2018).


Ia menjelaskan bahwa  komunikasi ibarat aktivitas marketing dalam perusahaan,  sehingga sebagus apapun sebuah produk jka tidak diimbangi dengan aktvitas marketing, maka masyarakat tidak akan kenal. Demikian juga seorang pemimpin. Keberadaan dan kinerjanya tidak akan dikenal masyarakat jika tidak dikomunikasikan dengan baik. Sepintar apapun seorang pemimpin, ia tidak dianggap berperan di masyarakat jika ia tidak mampu berkomunikasi dengan baik. Karenanya Toha menyarankan agar peserta  senantiasa mampu menjalin komunikasi yang efektif dengan  bawahan, atasan, stakeholder dan masyarakat.


Tingkat peran seorang pemimpin menurut Toha berbanding lurus dengan tingkat popularitas di masyarakat, semakin populer seorang pemimpin, hal tersebut menunjukkan bahwa ia telah berperan pada masyarakat. Sebaliknya, pemimpin yang tidak dikenal masyarakat, ia dianggap tidak berperan. Tingkat popularitas di masyarakat menurutnya akan mampu mengangkat lembaga yang dipimpinnya sehingga akan meningkatkan citra lembaga tersebut di mata masyarakt. Untuk menjadi populer, menurutnya kuncinya adalah komunikasi yang efektif.


Pada akhir sambutannya Kepala BDK Surabaya berpesan agar peserta mampu menjaga rumah besar Kementerian Agama dengan selalu meningkatkan kinerja dan berprestasi dalam bidangnya.


Rangkaian upacara penutupan yang diikuti oleh 35 pejabat eselon IV Kemenag Kab dan kota serta PTAIN  di Jawa Timur dan dihadiri Kasi Diklat Tenaga Adminstrasi, Danang Eka Sandi serta panitia pelaksana tersebut berlangsung semarak. Semua peserta menunjukkan ekspresi kegembiraannya karena tugasnya telah usai. (AF).