Berita


Redweb
2018-05-23 14:44:13
PESERTA DIKLAT AKIDAH AKHLAK TERIMA MATERI ANALISIS SKL, KI DAN KD

BDKSURABAYA – Analisis Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar  (KD) merupakan materi inti dari Diklat Teknis Substantif  Guru Akidah Akhlak Madrasah  Ibtidaiyah (MI). Anaisis tersebut sangat penting bagi guru madrasah  karena  akan dijadikan dasar dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajran (RPP). Demikian penjelasan Miftahussiroyuddin, widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Surabaya  saat memebrikan materi. (23/05/2018)



Ia menguraikan bahwa antara SKL, KI dan KD mempunyai hubungan yang saling terkait. KI merupakan penjabaran dari SKL sedangkan KD adalah penjabaran dari KI. Kompetensi Inti adalah  kemampuan yang harus dimiliki seorang siswa untuk mencapai SKL.  Kompetensi tersebut meliputi: pengetahuan, keterampilan dan sikap (baik sikap spiritual maupun sosial). Sedangkan KD merupakan  kemampuan yang menjadi syarat  siswa  dalam sebuah proses pembelajaran.



Di samping untuk menentukan KI dan KD, SKL juga dipakai sebagai dasar pembuatan dan pengembangan standar isi, standar  proses, standar penilaian pendidikan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar pengelolaan, standar pembiayaan, serta standar sarana dan prasarana di madrasah.



Menurut Midtahussiroyuddin target dari analisis SKL, KI dan KD tersebut adalah  bahwa peserta akan memahami konsepnya selanjutnya bagaimana menyusun RPP sesuai dengan SKL, KI dan KD yang ada.



Rata-rata peserta  menyatakan bahwa penjelasan dari Miftahussiroyudin tersebut sangat jelas dan semakin memberikan pemahaman yang utuh.(AF).