Berita


Redaktur Web
2018-10-03 12:18:05
IJT I DIKLAT CALON PENGAWAS  PENDIDIKAN AGAMA TELAH BERAKHIR

BDKSURABAYA -  Peserta Diklat Teknis Fungsional Calon Pengawas Agama Angkatan II di Balai Diklat Keagamaan (BDK) Surabaya  mengakhiri  proses in the job training (IJT) tahap I  pada hari ini (03/10/2018). Setelah itu, mereka akan menjalani proses  on the job training (OJT) tahap II di unit kerjanya masing-masing.


Pada saat OJT,  seluruh peserta  menjalankan praktik supervisi akademik  di  sekolah tempatnya mengajar . Proses tersebut dimulai  4 Oktober sampai dengan 3 November 2018. Selama  proses  tersebut  peserta diberikan tugas untuk menyelesaikan 3 agenda utama, yaitu penyusunan program kepengawasan,  laporan praktik kepengawasan dan pembuatan proposal penelitian tindakan Kepengawasan.


Menurut Kasi Diklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan, Machzudi, pada tahapan OJT II tersebut peserta akan mendapatkan pendampingan dari Balai Diklat Keagamaan Surabaya. Kegiatan pendampingan yang direncanakan diadakan pada sekolah yang telah ditentukan tersebut berfungsi untuk mengetahui apakah proses OJT II telah dilaksanakan peserta dengan benar, sekaligus memecahkan masalah-masalah yang kemungkinan dihadapi peserta saat melakukan supervisi akademik.


Di samping menugaskan widyaiswara dan panitia saat pendampingan, Balai Diklat Keagamaan Surabaya juga mengundang ketua kelompok kerja pengawas (Pokjawas) untuk menjadi mentor. Pengalaman yang diperoleh mentor tersebut diharapkan mampu memperkaya pengetahuan peserta tentang praktik kepengawasan di sekolah, terutama yang  berkaitan dengan masalah teknis kepengawasan dan tips-tips jitu ketika melakukan pengawasan.


Usai kegiatan OJT II, peserta kembali ke Balai Diklat Keagamaan Surabaya untuk mempresentasikan hasil praktik supervisi  dan proposal Penelitian Tindakan Kepengawasan di hadapan penguji. Mereka juga akan menjalani tes bidang kepengawasan dan tes akhir. Proses tersebut berlangsung dari tanggal 4 s.d. 6 November 2018.(AF).