Berita


PBSDP
2017-11-23 15:01:41
IMAM:  AL QURAN DAN HADITS TIDAK HANYA SEBATAS PEMAHAMAN

BDKSURABAYA.kemenag.go.id – Diklat Teknis Fungsional Peningkatan Guru Al Quran dan Hadits Madrasah Tsanawiyah (MTs) Tingkat Dasar yang diselenggarkaan di Balai diklat Keagamaan Surabaya dibuka oleh Kasubbag TU, Imam Sutikno (23/11/2017).



Dalam sambutannya, Imam menguraikan tentang pembelajaran Quran Hadits bagi siswa di madrasah. Menurutnya mengajar Quran Hadits tidak hanya  terkait dengan urusan dunia, namun dunia sekaligus akhirat. Maka ia berpesan kepada peserta bahwa di samping pemahaman terhadap Quran dan Hadits, yang tak kalah penting adalah implemntasinya. “Mengajar Quran dan Hadits tidak hanya sebatas pemahaman siswa terhadap pelajaran, namun lebih ditekankan juga pada implementasi ajaran yang terkandung di dalamnya,’ urai Imam.



Di samping itu, ia menjelaskan bahwa  kediklatan yang diselenggarakan di Balai Diklat Keagamaan Surabaya selalu mengalami peningkatan. Perbaikan yang terus-menerus senantiasa dilakukan terkait dengan perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi terhadap pelaksanaan diklat. Peningkatan kualitas panitia, widyaiswara dan sarana serta prasarana juga terus dilakukan. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi peserta sehingga kediklatan yang dilaksanakan benar-benar mampu meningkatkan kompetensi peserta.



Imam berharap agar keseriusan Balai Diklat Keagamaan Surabaya tersebut diimbangi oleh peserta dengan cara mengikuti diklat tersebut dengan tertib, penuh semangat dan adanya visi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. Ketika kompetensi peserta meningkat, maka ada outcome yang berupa  kinerja guru madrasah yang meningkat sehingga akan berimbas pada peningkatan kualitas pembelajaran di madrasah.



Diklat bagi Guru Al Quran dan Hadits yang diikuti oleh 35 guru yang mengajar Al Quran dan Hadits di MTs dari Kankemenag Kab dan Kota di Jawa Timur tersebut akan berakhir pada 4 Desember 2017. Pembukaan diklat yang berlangsung singkat tersebut dihadiri oleh pejabat eselon IV, widyaiswara dan panitia pelaksana. (AF).