Berita


PBSDP
2017-09-26 13:49:10
TOHARI  BERIKAN TIPS CARA MUDAH MENULIS BUKU

BDKSURABAYA.kemenag.go.id -  Peserta  Diklat Publikasi Ilmiah bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI)   di Balai Diklat Keagamaan Surabaya  sedang  menerima materi penulisan karya Ilmiah dalam bentuk buku (26/09/2017). Materi tersebut disampaikan agar guru MI mampu menulis buku. Di samping berfungsi sebagai media untuk  menuangkan ide dan kreativitas, penulisan buku dapat bermanfaat untuk kenaikan pangkat karena angka kredit yang diperoleh dari buku yang ber ISBN relatif tinggi, yaitu bernilai 4.



Menurut Tohari, membuat buku tidaklah sukar asalkan ada kemauan untuk menulis dan mengerti struktur bahasa Indonesia dan kosa katanya. Di samping itu, jenis buku yang akan ditulis juga   mempengaruhi isi dari buku tersebut. Misalkan untuk menulis buku pelajaran, maka buku tersebut harus memenuhi unsur relevansi, yaitu sesuai dengan tujuan instruksional umum. Buku tersebut juga harus sesuai dengan pokok bahasan dalam tujuan instruksional khusus. Sedangkan isi buku tersebut  perlu memenuhi kedua tujuan instruksional tersebut.



Hal-hal penting yang diperlukan dalam penulisan buku pelajaran dalam penjelasan Tohari adalah menyangkut kurikulum yang berlaku, tata bahasa, pengguna dari buku tersebut apakah setingkat SD,SMP atau SMA,  kompetensi yang diharapkan dari pengguna buka dan kompetensi serta kesesuaian keilmuan penulis. Ia juga menguraikan tentang bagian-bagian yang harus ada dalam buku, yang terdiri dari pendahuluan, isi dan penutup.



Di samping ceramah, pembelajaran pada kelas tersebut menggunakan metode penugasan, sehingga tiap peserta diberi tugas untuk membuat rancangan  buku dengan sistematika seperti yang dicontohkan disesuaikan dengan  judul buku yang dirancang peserta. Usai membuat rancangan, peserta dipersilakan mempresentasikan karyanya. (AF).