Berita


Redaktur Web
2018-07-13 13:14:28
PESERTA DIKLATPIM TERIMA  MATERI  SISTEM ADMINISTRASI NKRI

BDKSURABAYA –Sistem Administrasi NKRI (SANKRI) adalah materi inti dalam Diklat Kepemimpinan Tingkat IV. Materi tersebut  membahas tentang  sistem penyelenggaraan kehidupan NKRI dalam seluruh aspeknya dan mencakup sistem administrasi negara Indonesia yang berpedoman pada Pancasila, UUD 1945 dan peraturan yang tertulis maupun yang tak tertulis. Ssitem tersebut  bisa terwujud jika ada kerja sama antara  aparatur negara dengan rakyatnya. Demikian penjelasan Rofikatul Karimah, widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Surabaya ketika memberikan materi.(13/07/2018).



Menurutnya, SANKRI merupakan sistem administrasi negara bertujuan untuk mendukung penyelenggaraan negara agar Bangsa Indonesia dapat mewujudkan cita-cita dan tujuan bernegara. SANKRI harus berlandaskan idiil Pancasila dan konstitusional UUD 1945, serta landasan operasional besrta peraturan pelaksanaannya. Dalam pandangannya SANKRI harus menyesuaikan dengan perkembangan jaman dan lingkungan strategik yang ada.



Rofikatul menjelaskan bahwa  SANKRI menyangkut sistem penyelenggaraan negara dan sistem penyelenggaraan pemerintahan negara. Dalam sistem penyelenggaraan negara, kesuksesan penyelenggaraan negara akan  sangat tergantung dari peran penyelenggara negara yang menjalankan fungsi legislatif, eksekutif dan yudikatif  serta fungsi kenegaraan lainnya yang dipegang oleh pejabat negara sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.



Sedangkan sistem penyelenggaraan pemerintahan negara, adalah sebuah sistem penyelenggaraan pemerintahan yang dijalankan oleh pemerintah yang berkuasa dengan menggunakan sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan nasional, yaitu terwujudnya cita-cita bangsa sesuai dengan pembukaan UUD 1945.



Materi SANKRI tersebut penting diberikan kepada peserta diklat kepemimpinan karena, peserta yang notabene sebagai pejabat sekaligus aparatur negara di unit kerjanya masing-masing adalah sebagai penyelenggara pemerintahan yang mempunyai tanggung jawab menyelenggarakan pemerintahan sesuai dengan aturan dan kebijakan yang berlaku. Pemahaman mereka tentang SANKRI  diharapkan dapat mendukung tugas dan fungsinya sebagai aparatur sipil negara. (AF).