Berita


Redaktur Web
2018-11-15 01:58:19
KAPUSDIKLAT TEKNIS SAMPAIKAN  6 KONSEP YANG SALING TERKAIT DALAM KEDIKLATAN

BDKSURABAYA -  Kepada  70 peserta diklat di Balai Diklat Keagamaan Surabaya, yaitu Diklat Teknis Fungsional Calon Penghuklu dan  Diklat Teknis Substantif Publikasi Ilmiah, Kapusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Balitbangdiklat Kemenag Jakarta, Mahsusi, menguraikan 6 konsep penting yang ada dalam dunia kediklatan. Keenam konsep tersebut saling terkait dan saling mempengaruhi, yaitu input, prcess, output, outcome, benefit dan impact (15/11/2018).


Menurutnya diklat yang bermutu akan terjadi jika rangkaian dari prosesnya juga bermutu. Rangkain  tersebut terdiri dari  input, process dan output.  Sebuah proses kediklatan akan bermutu jika inputnya bermutu. Input tersebut terdiri dari mutu peserta, panitia, widyaiswara dan sarana serta prasarana. Selanjutnya menurutnya prosesnya juga  harus bermutu, meliputi proses pembelajarannya, pelayanan panitia pelaksana  dan sarana prasarana yang berfungsi dengan baik.  Jika hal tersebut terpenuhi, maka kediklatan  akan menghasilkan output yang bermutu. Output dari diklat adalah berupa peningkatan kompetensi peserta.


Dalam pandangan Kapusdiklat, output tersebut akan mempengaruhi outcome  yang akan muncul. Jika terjadi peningkatan kompetensi  peserta maka di ilngkungan kerjanya mereka akan berkinerja dengan baik.  Hal tersebut berarti  diperoleh outcome yang  positif. Outcome yang positif tersebut akan memberikan manfaat atau benefit kepada lembaga, yaitu meningkatnya kinerja lembaga.  Meningkatnya kinerja lembaga  akan mempengaruhi pandangan masayarakat terhadap lembaga tersebut, sehingga  diperoleh impact yang positif pula, yaitu meningkatnya citra lembaga di mata masyarakat.


Oleh karena itu Kapusdiklat berharap agar peserta  diklat  adalah orang yang berkualtas yang ikut mendukung proses diklat agar menghasilkan diklat yang bermutu sehingga akan memberikan dampak positif pada lembaga. (AF).