Berita


PBSDP
2017-09-22 15:47:36
TINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN MELALUI PTK

BDKSURABAYA.kemenag.go.id –  Teknik  membuat laporan penelitian sangat diperlukan bagi guru, terutama  penelitian dalam bentuk  action research (penelitian tindakan).  Khusus untuk guru, penelitian tindakan tersebut berbentuk  penelitian tindakan kelas.  Penelitian tersebut bertujuan untuk memperbaiki  proses pembelajaran di kelas sehingga diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan. Demikian penjelasan Ahmad Jaelani, Widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Surabaya ketika mengajar  materi  publikasi  ilmiah dalam bentuk laporan hasil penelitian (22/09/2017).



Jaelani menguraikan bahwa  penelitian tindakan adalah sebuah penelitian yang bertujuan memperbaiki dan menyelesaikan masalah yang ada dengan tindakan baru. Jika penelitian tersebut dilakukan di kelas maka penelitian tindakan kelas (PTK) bertujuan untuk memperbaiki dan menyelesaikan  masalah pembelajaran dan  meningkatkan mutu proses pembelajaran di kelas dengan tindakan baru. Oleh karena itu,   menjadi sesuatu yang penting bagi guru untuk melaksanakan PTK.



Dalam penjelasan Jaelani, PTK dapat dilakukan secara individual maupun kelompok, dan dapat diterapkan pada kelasnya sendiri maupun kelas orang lain. Namun, guru yang melaksanakan PTK perlu mempunyai kepekan terhadap proses pembelajaran. Mereka adalah guru yang memahami  bahwa ada masalah dalam proses pembelajaran di kelasnya atau kelas orang lain. Karenanya, mereka akan mampu  membuat tindakan baru yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran di kelas. Maka idelanya PTK dilakukan  secara kontinyu agar  mutu proses pembelajaran juga berlangsung secara kontinyu.



Ciri khas dari PTK dibanding penelitian tindakan lain adalah adanya proses refleksi  yaitu kegiatan merenungi, mengingat kembali kejadian, menilai tindakan yang telah dilakukan di kelas, menganalisis dampaknya  pada proses pembelajaran. Hal itu  terjadi jika PTK dilakukan sendiri. Namun jika PTK dilakukan secara kelompok, maka proses refleksi juga dilakukan secara kelompok. Kritik terhadap proses pembelajaran menjadi salah satu kunci keberhasilan PTK, maka kritik tersebut menjadi proses yang harus dilalui. (AF).