Berita


Redaktur Web
2018-08-29 11:29:28
PESERTA DIKLAT RPP DI PACITAN MAMPU SUSUN SOAL HOTS

BDKSURABAYA –  Hari ke-3 dari diklat Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajran (RPP) yang dilaksanakan di Pacitan diwarnai dengan kesibukan peserta dalam menyusun soal  HOTS (higher order thinking skills), yaitu penyusunan soal yang bisa merangsang siswa untuk berpikir tingkat tinggi. (29/08/2018).



Menurut Widayanto, widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Surabaya yang sedang mengajar di Pacitan,  soal HOTS akan mampu mendorong siswa untuk memahami pelajaran secara mendalam. Mereka  akan mampu berpikir kritis dan analitis dan mendorong siswa untuk  meningkatkan kemandirian dalam menghadapi persoalan nyata sehari-hari.



Dalam penjelasannya, soal HOTS cenderung mengukur dimensi metakognitif yaitu   kemampuan menghubungkan beberapa konsep yang berbeda, menginterpretasikan, memecahkan masalah , memilih strategi pemecahan masalah, menemukan  metode baru, membuat argumen dan mengambil keputusan yang tepat. Karenanya siswa tidak hanya dilatih untuk mengingat dan menyatakan kembali, namun lebih mengarah pada transfer konsep ke konsep lain, memproses informasi dan menerapkannya, mencari kaitan informasi yang berbeda, menelaah informasi selanjutnya menggnnakannya untuk  memecahan masalah.



Setelah menerima penjelasan detail tentang soal HOTS, seluruh peserta diberi tugas oleh widyaiswara untuk membuat soal HOTS secara kelompok, berdasarkan mata peljaran yang diampu. Tampak peserta antusias mengerjakannya. Hasil pekerjaan tersebut dipaparkan peserta dan mendapatkan kritisi dari peserta lain.



Meskipun hasil pekerjaan peserta yang dipaparkan mendapatkan usulan  perbaikan dari peserta lainnya, namun secara umum menunjukkan bahwa peserta telah memahami bagaimana cara membuat soal HOTS.(AF).