Berita


PBSDP
2017-08-29 13:36:09
TOHA:  KITA  ADALAH BANGSA YANG HEBAT

BDKSURABAYA.kemenag.go.id – Indonesia adalah bangsa yang hebat.  Sejarah membuktikan bahwa sejak jaman Hindu seperti jaman kerajaan Majapahit dan Sriwijaya, Indonesia sudah dikenal sebagai bangsa yang hebat.  Imam masjid di masjidil Haram pun banyak dipegang oleh orang Indonesia saat abad ke 19 seperti  Syaikh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi, Syekh Nawawi Al Bantani dan  Syekh Junaid Al Batawi. Demikian penjelasan Kepala Balai Diklat Keagamaan Surabaya, Muchammad Toha ketika menutup Diklat Teknis Fungsional Penugasan Tambahan Pembentukan Pengawas Angkatan III dan IV di Balai Diklat keagamaan Surabaya (29/08/2017)



Kepada peserta ia menyebarkan semangat kebangsaan. “Kita adalah bangsa yang hebat,” tegas Toha. Selanjutnya ia menguraikan bahwa ketika berkecamuk perang antara Uni Soviet dan Amerika Serika, Sukarno  berhasil menggerakkan beberapa negara untuk bergabung dalam gerakan non Blok. Bahkan berhasil mengajak Joseph Broz Tito, pemimpin Yugoslavia untuk tergabung dalam Gerakan Non Blok. Hal tersebut membuktikan bahwa Bangsa Indonesia  adalah bangsa yang hebat. 



Karena kehebatan bangsa Indonesia tersebut, menurut pandangan Toha,  banyak kekuatan asing yang sengaja mengancam Indonesia. Beberapa peristiwa penting yang menjadi sejarah seperti lepasnya Propinsi Timor Timur,  konflik di Aceh  dan Papua adalah adanya campur tangan kekuatan asing.  Maka tugas  kita dalam penjelasannya adalah menyelamatkan Indonesia dari penjajahan dalam segala bentuk. “Ayo bangkitlah Indonesia melalui madrasah,” pekik Toha. (AF).