Berita


PBSDP
2017-11-02 13:51:23
KERJA TIM MEMBUTUHKAN RASA SALING PERCAYA

BDKSURABAYA.kemenag.go.id – Rasa saling percaya antar anggota tim sangat dibutuhkan agar tim yang terbentuk  bisa sukses dalam menangani pekerjaan. Tanpa  sikap tersebut pekerjaan hanya akan menumpuk pada salah seorang.  Demikian pernyataan Aparatur Sipil Negara Balai Diklat Keagamaan Surabaya (02/11/2017).



Menurut Rofiq, rasa saling percaya  sangat penting dalam kerja tim. Beberapa pekerjaan dalam tim seringkali menunut kontribusi anggota sehingga adanya rasa saliing percaya  mampu membuat tim lebih kompak. Rasa saling percaya tersebut menurutnya perlu diimbangi dengan kinerja tiap-tiap anggota.  Tanpa adanya kontribusi kinerja, akan timbul ketimpangan kerja sehingga hanya sebagian anggota yang akan bekerja.



Pentingnya rasa percaya juga disampaikan oleh Hida. Menurutnya rasa saling percaya sangat membantu kinerja tim. Namun tiap anggota perlu menyadari bahwa kerja tim sangat membutuhkan keterlibatan semua tim, sehingga tidak hanya orang-orang tertentu saja yang bekerja. Saling percaya antar anggota tim baginya menunjukkan penghargaan anggota terhadap anggota lainnya dan pengakuan atas keberadaan anggota.



Pernyataan serupa datang dari Sri dan Lutfi. Dalam pandangan mereka, rasa saling percaya akan membuat tim lebih kondusif. Interaksi dalam tim pun akan lebih baik jika timbul rasa saling percaya antar anggota. Padahal interaksi yang baik akan meningkatkan koordinasi dan kerja sama. Pada akhirnya rasa saling percaya akan meningkatkan kinerja tim.(AF).