Berita


PBSDP
2017-08-12 12:50:14
KEPALA BDK JELASKAN BAHWA GURU SANGAT BERPERAN DALAM  MENJAGA PERSATUAN BANGSA

BDKSURABAYA.kemenag.go.id -  Guru  madrasah sangat berperan dalam menjaga  persatuan  dan kesatuan bangsa . Sebagai guru harus bisa menjelaskan  segala sesuatu dengan benar  kepada anak didik dan masyarakat apalagi  terkait dengan efeknya terhadap persatuan dan kesatuan bangsa.  Demikian penjelasan Kepala Balai Diklat Keagamaan Surabaya, Muchammad Toha ketika menutup Diklat  bagi guru  PKn MTs,  BK MTs, Bahasa Arab MTs, IPA MTs dan Bhasa Indonesia MTs di Balai Diklat Keagamaan (BDK) Surabaya  (12/08/2017).



Menurutnya, guru juga  harus mempunyai jiwa nasionalisme  dan menghayati  Pancasila sebagai ideologi bangsa, bukan justeru  menjauhkan dirinya dan anak didiknya dari Pancasila.  Generasi mendatang  dalam pandangannya perlu mempunyai semangat nasionalisme yang tinggi karena tantangan bangsa ini ke depan semakin  berat, dan hal tersebut perlu peran guru madrasah.



Toha berpesan agar peserta yang notabene sebagai guru madrsah menjadi contoh yang baik bagi anak didiknya, bukan justeru  bersikap dan berperilaku yang  bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila dan menolak Pancasila  sebagai ideologi bangsa. Saat ini, menurutnya banyak elemen yang  menghendaki  munculnya distintegrasi bangsa  sehingga  rasa nasionalisme harus senantiasa dikobarkan  pada anak didik.



Sambutan dari kepala BDK Surabaya tersebut  menyedot perhatian peserta karena penyampaiannya yang segar dan kerap mengundang gelak tawa. Seluruh peserta  yang berjumlah 175  (5 angkatan)  tersebut  telah menyelesaikan pembelajarannya dan dinyatakan lulus 100%. Dua hari sebelumnya juga telah ditutup diklat Pembentukan Penugasan Tambahan Calon Kepala Madrasah sebanyak 2  angkatan/70 peserta..(AF).