Berita


Redaktur Web
2018-11-12 13:06:52
BEBERAPA PESAN KEPALA BDK SURABAYA KETIKA BUKA DIKLAT

BDKSURABAYA – Sejumlah 8 angkatan diklat dibuka oleh Kepala Balai Diklat Keagamaan (BDK) Surabaya, Muchammad Toha.  Diklat tersebut terdiri dari Diklat Teknis Substantif (DTS) Penelitian Tindakan Kelas (PTK), DTS Teknologi Komunikasi dan Informasi, DTS IPA Alam Terbuka MTs, DTS Publikasi Ilmiah Angkatan 2, Diklat Teknis Fungsional Calon Penghulu, Diklat Penyusunan Laporan Kinerja, Diklat pengelola Kepegawaian bagi Pejabat Fungsional  Umum dan Diklat Peningkatan Kompetensi  Pengelola  Pengadaan Barang dan Jasa /PBJ. (12/11/2018).



Dalam sambutannya, Toha menyampaikan beberapa pesan. Kepada peserta Diklat Calon Penghulu, ia menyampaikan bahwa seorang penghulu di masyarakat menduduki posisi penting, karena bisanya dianggap sebagai tokoh masyarakat. Karenanya, seorang penghulu harus mempunyai pemahaman agama yang mumpuni (bagus). Untuk  peserta Diklat IPA Alam terbuka ia menyampaikan  bahwa diklat tersebut termasuk diklat baru dengan kurikulum yang baru dan belum pernah dilakukan sebelumnya sehingga peserta kali ini akan merasakan nuansa baru di bidang kediklatan.



Kepada peserta DTS Publikasi Ilmiah ia menjelaskan bahwa keterampilan dalam menulis karya ilmiah sangat diperlukan bagi seorang guru. Seorang guru akan dipandang mampu jika ia mampu menulis karya ilmiah selanjutnya dipublikasikan sehingga karyanya akan bisa dinikmati oleh orang lain.  Sedangkan untuk peserta Diklat Penyusunan Laporan Kinerj, Kepala BDK Surabaya berpesan bahwa penyusunan laporan kinerja menjadi hal yang penting. Melaksanakan pekerjaan baginnya adalah penting, namun yang tak kalah penting adalah membuat laopran kinerja. Seorang pegawai yang sudah bekerja tidak dianggap bekerja jika tidak mampu memformalkan  apa yang ia kerjakan dalam bentuk laporan kinerja. Peserta diklat PBJ pun mendapatkan pesan agar mereka bisa menerjemahkan aturan yang ada  dalam proses pengadaan barang dan jasa pemerintah.



Pada kesempatan tersebut, Toha juga menguraikan pentingnya komunikasi dalam lingkungan kinerja. Komunikasi yang baik akan membawa segala sesuatu menjadi baik sedangkan komunikasi yang buruk akan menjadikan sesuatu yang baik menjadi buruk. Menurutnya, komunikasi yang baik adalah komunikasi yang fleksibel



Pesan terkahir disampaikan Kepala BDK Surabaya kepada peserta diklat Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam pandangannya  guru perlu menerapkan cara-cara baru dalam proses pembelajaran agar proses pembelajaran di kelas menjadi efektif. Cara-cara baru tersebut bisa diperoleh dengan cara melakukan penelitian tindakan.  Dengan PTK guru akan mampu menganalisis dan mengevaluasi kemungkinan-kemungkinan kesalahan yang dilakukan dalam mengajar sehingga akan diperoleh cara-cara baru yang lebih efektif.t



Delapan angkatan diklat dengan peserta sebanyak 80 orang tersebut direncanakan akan diakhiri pada 17 November mendatang, kecuali Diklat Calon Penghulu yang  direncanakan akan berakhir pada 28 November 2018. (AF).